18
Nov 2012
10:55:00 AM | Author: Rissalah Maulana | Dilihat: 8860 kali

Setelah 17 hari dan 50 pertandingan, Piala Dunia Futsal yang dihelat di negeri gajah putih, Thailand, kini mencapai puncaknya. Superioritas Brasil dan Spanyol pada PD kali ini belum ada yang bisa membendungnya. Kedua tim musuh bebuyutan akan kembali bertemu untuk yang keempat kalinya di partai puncak perhelatan akbar futsal dunia tersebut. Huamark Indoor Stadium, Bangkok, akan menjadi saksi pertarungan dua kiblat futsal dunia mempertaruhkan gengsi dan harga diri mereka menjadi penguasa sepakbola dalam ruangan ini.

Pada gelaran PD 1992 di Hongkong, Brasil dan Spanyol terpaksa harus bertemu di semifinal. Skuad yang pada waktu itu dilatih Afonso Araujo mampu mengalahkan Jorginho dan kawan-kawan dengan skor 4-1. Brasil sendiri akhirnya menjadi juara untuk yang kedua kalinya secara berturut-turut pada waktu itu. Spanyol harus puas berada di posisi ketiga dengan mengalahkan Iran di partai perebutan juara tiga.

Pada pertemuan pertama di final PD futsal Spanyol 1996, di palau Sant Jordi, Barcelona, tuan rumah harus mengakui ketangguhan Manuel Tobias dan kawan-kawan yang menang 6-4. Brasil merebut gelar ketiganya secara berturut-turut, dan pelatih mereka, Afonso Araujo, berhasil membawa Brasil menjadi Raja futsal Dunia selama dua kali berturut-turut. Araujo merupakan salah satu pelatih tersukses yang pernah dimiliki negeri Samba.

Namun pada pertemuan kedua mereka di partai final pada PD guatemala 2000, Spanyol berhasil merobohkan superioritas Brasil dengan menang 4-3 pada partai final. Dengan skuad yang hampir sama dengan PD tahun sebelumnya, pelatih Javier Lozano mampu membawa tim matador menjuarai PD untuk yang pertama kalinya. Pada PD ini pula, Falcao, sang legenda hidup dan ikon futsal Brasil, menjalani debutnya di PD futsal.

Empat tahun kemudian, lagi-lagi harus terjadi "Final kepagian" saat Brasil bertemu Spanyol di semifinal PD 2004 Cina Taipei. Spanyol berhasil menang pada pertandingan kali ini setelah empat penendangnya berhasil melakukan tugas dengan sempurna pada babak adu penalti dan berakhir dengan skor 4-3. Spanyol juga berhasil menjuarai PD saat itu setelah Jordi Torras dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Italia dengan skor tipis 2-1.

Pada pertemuan berikutnya tahun 2008 di final PD Brasil, tuan rumah berhasil merebut kembali gelar juara dunia yang selama satu windu dipegang Spanyol. Falcao dan kawan-kawan berhasil lewat babak adu penalti setelah sebelumnya hanya bermain imbang 2-2.

Perjalanan Brasil hingga babak final ini tergolong cukup mudah dan lancar. Tiga pertandingan mereka sapu bersih dengan kemenangan di babak penyisihan. Mengalahkan Jepang 4-1, menghancurkan Libya 13-0, serta berhasil membungkam Portugal 3-1, Brasil bertemu Panama di babak 16 besar. Namun Panama hanyalah sebuah kerikil kecil bagi Brasil dan Mereka membantai Panama 16-0 tanpa balas.

Brasil sempat hampir tersingkir setelah pada perempat final sempat tertinggal terlebih dahulu 2-0 atas Argentina, namun ketangguhan mental dan kehebatan sang juru selamat, Falcao, menyelamatkan timnya dari kekalahan dengan mencetak gol kemenangan Brasil pada babak Extra Time. Selanjutnya mereka mampu membungkam Kolombia 3-1 di Semifinal.

Spanyol juga tergolong cukup mulus dalam perjalanannya menuju babak final. Namun pada pertandingan perdana babak penyisihan, mereka sempat ditahan imbang 2-2 oleh Iran. Selanjutnya mereka mampu meraih kemenangan dengan mengalahkan Panama 8-3, serta membungkam Maroko 1-5.

Di babak 16 besar, skuad asuhan Venancio Lopez berhasil menghancurkan asa tuan rumah Thailand dengan menang 7-1. Tim tangguh asal Eropa timur, Rusia, juga mereka kalahkan dengan skor 3-1. Kemenangan 4-1 atas Italia di Semifinal memastikan langkah mereka ke final PD futsal 2012.

Bukan hanya Falcao yang menjadi tumpuan skuad Brasil pada PD kali ini. Mereka mempunyai Fernandinho yang telah mencetak tujuh gol untuk Brasil yang menjadikannya pencetak gol terbanyak kedua untuk sementara. Spanyol juga tidak bisa menyembunyikan fakta bahwa seluruh pemain Brasil kecuali kiper, telah mencetak gol pada PD 2012 ini.

Skuad Spanyol juga tidak bisa dianggap remeh. Terdapat enam pemain yang berasal dari klub Barcelona Alusport, tim futsal Barcelona, yang menjuarai Uefa Futsal Cup 2011-2012. Jordi Torras dan Sergio Lozano merupakan salah satu tumpuan tim Barcelona Alusport dan juga timnas Spanyol. Kiper Spanyol, Juanjo, juga merupakan salah satu kiper terbaik Spanyol saat ini.

Minggu, 18 November 2012 | Huamark Indoor Stadium, Bangkok, | LIVE ANTV Pukul 19.00

Brasil: Tiago, Guitta, Franklin (GK), Gabriel, Simi, Fernandinho, Neto, Ari, Rafael, Vinicius, Falcao, Wilde, Rodrigo, Je

Spanyol: Juanjo, Cristian, Rafa (GK) Aicardo, Fernandao, Kike, Alemao, Ortiz, Torras, Alvaro, Miguelin, Lozano, Borja, Lin

Prediksi: Brasil 51-49 Spanyol

Tags:
futsalberita futsalfutsal internasionalspanyolbrasilthailandpiala dunia futsal 2012

KOMENTAR
JADWAL TURNAMEN
  • Belum ada jadwal
Baca Selanjutnya