15
Sep 2012
05:11:00 PM | Author: Rissalah Maulana | Dilihat: 4036 kali

Tidak sia-sia anak-anak tim futsal PON Sumatera Barat berlatih dan bermain bersama selama dua tahun. Pada final cabang futsal PON 2012 yang dihelat di GOR fusal Tembilahan, Riau, Sabtu (15/9) sore, pasukan tanah minang berhasil mengalahkan tim favorit juara, DKI Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, mereka melesakkan 6 gol ke gawang skuad Robby Hartono.

Pada babak pertama, DKI harus menelan pil pahit dengan tertinggal 3 gol lewat gol pemain sumbar, Yudhi Fatra. Pada babak kedua, lagi-lagi Yudhi Fatra mencetak gol dan menjadi gol keempatnya pada pertandingan ini.

Ketinggalan 4 gol membuat DKI bangkit, serangan balik Socrates Matulessy dan kawan-kawan dilawan dengan pertahanan yang lumayan tangguh dari para pemain Sumbar. Namun akhirnya, DKI berhasil mencetak gol lewat kaki Ohorela.

Pasca gol pertamanya, DKI mulai bangkit. Gol kedua mereka lesakkan lewat kaki pemain timnas, Socrates "Chaca" Matulessy. 4-2 sumbar masih unggul.

DKI kembali menggempur pertahanan Sumbar lewat permainan Power Play di sisa pertandingan. Sumbar hanya bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Alih-alih mengejar ketertinggalan, DKI malah kembali kebobolan lewat gol Randy "Akang" Satria pada menit-menit akhir pertandingan. 5-2 Sumbar semakin memperbesar marjin gol mereka dengan DKI.

Pada detik-detik akhir pertandingan, Randy kembali mencetak gol keduanya pada pertandingan kali ini dan semakin mengubur DKI Jakarta dengan gelontoran 6 gol ke gawang mereka. Peluit tanda pertandingan pun usai dan Sumbar merebut medali emas futsal dengan membungkam DKI 6-2.

Sumbar mencatat sejarah dalam kancah futsal nasional dengan menjadi peraih medali emas pertama dari cabang futsal PON. seperti diketahui, cabang futsal PON baru kali pertama diadakan pada PON Riau tahun ini.

Medali emas PON merupakan prestasi tertinggi di tingkat nasional tim futsal Sumbar setelah sebelumnya mereka dua kali menjuarai Piala Emas Futsal Indonesia dan sekali juara pada turnamen MyFutsal 2011. Selamat untuk tim futsal Sumatera Barat!

Daftar pemain final futsal PON:

Tim DKI: Yos Adi, Abu Bakar, Socrates, Sayan, Stefanus, Caesar, Hairul, Ryan, Hendri, Imam, Ivan Cahyadi, Sumiyanto

Tim Sumbar: Ade Lesmana, Nofri Rangga (kiper), Randy Satria (Kapten), Rahmad Budiman, Yudhi Fatra, Ade Andika, Puji Maulid, Ori Efendi, Roni, Andre Fernando, Agnef Syafantri, Ismail

(foto:@irvanHsyah)

Tags:
futsalsumbardki jakarta

KOMENTAR
JADWAL TURNAMEN
  • Belum ada jadwal
Baca Selanjutnya