21
Jun 2011
07:19:27 PM | Author: Murtianto | Dilihat: 622 kali

Kehadiran Giovanni van Bronckhorst, mantan kapten timnas Belanda yang menjadi runner-up Piala Dunia 2010 ke Jakarta, memberi warna tersendiri bagi dunia sepak bola Indonesia.

Apalagi, pemain keturunan Maluku ini hadir di Indonesia dalam kaitan membantu mengembangkan telanta sepak bola anak Indonesia melalui Giovanni van Bronckhorst Foundation. Yayasan ini berdiri sejak 2008 bertujuan antara lain mendukung mengembangkan potensi dan bakat anak-anak di berbagai negara.

"Selamat pagi semuanya. Aku bisa bahasa sedikit ...", begitu kata Gio- panggilan Van Bronckhorst saat memasuki ruang pertemuan pers di Hotel Hyatt, Jakarta, Selasa petang. Ia pun disambut tepuk tangan meriah.

Putra dari pasangan Victor van Bronckhorst dan Fransien Sapulette itu, memang bisa 'bahasa' maksudnya bahasa Indonesia. Dialog Indonesia-nya memang tidak lancar. Supaya tidak salah, ia pun lebih memilih menggunakan Inggris.

"Kakek-nenek saya berasal dari sini, begitu juga orangtua saya. Senang bisa ke sini," jelas Gio menjawab pertanyaan wartawan. "Saya suka gado-gado dan sate," sambungnya. Makanan itu dibuat ibunya jika ada acara kumpul keluarga.

Reputasi pemain kelahiran Rotterdam, 5 Februari 1975 itu, cukup oke. Ia pensiun usai Piala Dunia Afsel 2010. Sebelumnya ia pernah main di klub Feyenoord, Glasgow Rangers, Arsenal dan Barcelona.

Dan, soal kedatangannya ke Indonesia, intinya ia ingin mendirikan sebuah yayasan untuk membantu anak-anak yang kurang mampu tapi ingin mengasah bakatnya di dunia sepakbola, sekaligus memperbaiki pendidikan mereka.

Gio akan berada lima hari di Indonesia. Ia hanya mengunjungi Jakarta. "Lain kali kami akan ke Maluku. Saya berasal dari Saparua, ya mungkin beberapa tahun kedepan saya akan membawa anak dan istri saya ke Maluku," harapnya.

Rabu (22/6), Gio akan main di pertandingan eksibisi antara Tim Bintang Asing (Tim Putih) melawan Tim Bintang Indonesia (Tim Merah). Gio akan bergabung ke tim Bintang Asing. Sementara Tim Merah adalah gabungan pemain dari Liga Super Indonesia dan Liga Primer Indonesia. Pertandingan akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada pukul 17.00 WIB. (Foto: Anto)

Tags:
giovanni van bronckhorst

KOMENTAR
JADWAL TURNAMEN
  • Belum ada jadwal