13
Sep 2012
12:56:00 PM | Author: Rissalah Maulana | Dilihat: 1602 kali

Surat Kabar ternama Inggris, The Sun, meminta maaf atas pemberitaan di koran hariannya 23 tahun lalu yang berjudul "The Truth" yang menyalahkan fans Liverpool atas tragedi Hillsborough yang menewaskan 96 fans Liverpool. Penulis artikel tersebut, Kevin Mackanzie, meminta maaf atas tulisannya yang membuat fans Liverpool Marah.


"Hari ini saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Liverpool untuk judul berita tersebut," kata Mackanzie yang sekarang sudah tidak bekerja lagi di The Sun.

"Saya juga benar-benar menyesatkan. 23 tahun yang lalu saya memegang selmbar salinan dari kantor berita terkemuka di Sheffield di mana seorang perwira polisi senior dan anggota parlemen lokal senior membuat tuduhan serius terhadap fans di stadion."

Semenjak kejadian tersebut, para fans Liverpool memboikot koran The Sun dan memasang poster yang mengajak warga agar jangan membeli harian tersebut.

Editor senior The Sun saat ini, Dominic Mohan, juga meminta maaf atas kesalahan medianya menulis berita yang membuat fans marah. "23 tahun yang lalu surat kabar The Sun membuaty kesalahan besar. Kami menerbitkan sebuah cerita yang tidak akurat dan cenderung menyerang salah satu pihak dalam peristiwa Hillsborough."

"Kami mengatakan itu adalah sebuah kebenaran, padahal tidak. Panel Independen Hillsborough kini mengetahui apa yang sebenarnya terjadi hari itu. Ini adalah peristiwa yang mengerikan dan polisi mencoba untuk mencemari nama fans Liverpool," ujar Mohan.

"The Sun sangat malu dan menyesali hal itu secara mendalam. Kami bekerja sama sepenuhnya dengan panel Independen Hillsborough untuk menyelidik kejadian ini."

Dokumen mengenai kejadian Hillsborough tersebut resmi dibuka untuk dilihat oleh para keluarga korban pada Rabu (12/9). Dokumen-dokumen tersebut didapat dari arsip-arsip milik 80 organisasi, termasuk pemerintah Inggris, Kepolisian Yorkshire Selatan, Dewan kota Sheffield, pemeriksa mayat Yorkshire Selatan, serta pemadam kebakaran dan rumah sakit.

Keluarga orang-orang yang terbunuh pada tragedi olahraga terbesar di Inggris itu kini untuk pertama kalinya mendapat akses terhadap lebih dari 400.000 halaman dokumen di Liverpool pada Rabu pagi, sebelum berkas-berkas itu diungkapkan ke publik pada sore hari.

Tags:
the sunliverpool

KOMENTAR
JADWAL TURNAMEN
  • Belum ada jadwal