03
Dec 2012
09:06:00 PM | Author: Rissalah Maulana | Dilihat: 10791 kali

Harapan seluruh fans Persija Jakarta agar Persija mempunyai stadion yang layak sepertinya bakal terkabul dengan akan dibangunnya stadion Taman Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa atau yang lebih dikenal dengan Taman BMW. Ya, Gubernur baru DKI Jakarta saat ini, Joko Widodo, berniat membangun Stadion di bilangan Sunter, Jakarta Utara tersebut dengan anggaran Rp 1,05 Triliun.

"Anggarannya Rp 1 triliun 50 miliar. Itu anggaran sudah termasuk stadionnya, landscape-nya, kira-kira itulah. Mungkin multiyears, coba kita lihat nanti posisinya karena sekali lagi budgeting ada di Dewan. Ini dalam proses pengajuan ke Dewan," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini pada 26 November lalu.

Lebih lanjut, wakil gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menganggarkan 100 miliar untuk tahap pertama pemabangunan Stadion tersebut. "BMW itu kita sudah anggarkan Rp 100 miliar pertama untuk struktur. Pak Gubernur sudah ingin jadikan, tahun depan mulai dibangun. Jadi kita punya standar internasional-lah," ujar Ahok seperti dilansir Detik.

Untuk masalah bentuk dan desain Stadion, pemda akan membuat Stadion lebih bergaya khas Jakarta yaitu bergaya Betawi. "Ini sentuhan arsitekturnya seperti sorban, kalau orang Betawi kan sorban. Desainnya dimenangkan dengan sayembara yang dilombakan tahun 2010 lalu," jelas Kepala Dinas Olahraga DKI Jakarta, Ratiyono.

Sebelumnya, tim Macan Kemayoran memakai stadion Menteng sebagai Markasnya, namun stadion Menteng yang mempunyai nilai historis tinggi bagi klub yang dulunya berwarna kostum merah ini diratakan dengan tanah dan diganti dengan Taman Menteng oleh Gubernur Sutiyoso pada waktu itu. Setelahnya, Persija secara bergantian memakai stadion Lebak Bulus dan Gelora Bung Karno untuk memainkan laga kandangnya.

Namun stadion Lebak Bulus juga kembali akan diratakan dengan tanah karena akan dibangun Terminal Mass Rapid Transit (MRT) di daerah tersebut. Opsi pertama, Fauzi Bowo, gubernur sebelumnya, akan membuatkan Stadion untuk Persija di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan, namun rencana tersebut gagal dan terdengar kabar akan dipindahkan lagi lokasinya ke daerah Bintaro.

Penempatan Stadion Persija di Taman BMW ini juga sempat menuai pro kontra dari kalangan pecinta Persija sendiri. Beberapa menganggap, letaknya di Jakarta Utara membuat Stadion yang akan dibangun nanti akan terkena imbas Banjir Rob yang biasa menimpa warga Jakarta Utara.

Sebagian lagi juga menganggap, berdirinya Stadion di daerah tersebut nantinya akan sangat rentan terjadi bentrok antara para oknum pendukung Persija dan pendukung klub sepakbola Persitara Jakarta Utara. Suporter kedua tim memang sudah dikenal dari dulu "kurang akrab".

Tags:
persija jakartastadion gelora bung karnojakarta selection

KOMENTAR
JADWAL TURNAMEN
  • Belum ada jadwal