23
May 2014
09:47:00 AM | Author: Murtianto | Dilihat: 178120 kali

Setiap tahun satu per satu pemain gaek meninggalkan pentas sepakbola dunia. Berikutnya satu per satu pula bermunculan pemain muda yang menggantikannya. Nah, berikut ini 20 pemain potensial muda (usia dibawah 20 tahun) yang sudah memperlihatkan skill serta mulai mendapatkan tempat untuk beraksi. Mereka umumnya bermain di Liga Eropa yang merupakan liga sepakbola terbaik dunia. Siapa saja?

1. Timo Horn (19 tahun) FC Koln
Jerman memiliki banyak kiper muda berbakat, salah satunya yang cukup menonjol adalah Timo Horn. Pemain FC Koln ini punya masa depan cerah, cepat, sigap dan mampu membaca permainan. Ia masuk timnas Jerman U-21 dan menjadi pilihan berikutnya tim Panzer. Tak lama lagi bukan tak mungkin ia bakal dibeli klub besar dari Inggris atau Spanyol.

2. Gerrard Deulofeu (19 tahun) Barcelona
Ia adalah salah satu jebolan La Masia (SSB-nya Barcelona), sekarang sudah mulai digadang untuk masuk tim utama bersama Lionel Messi dan kawan-kawan. Apalagi Alexis Sanchez bakal hengkang akhir musim ini, itu membuat pintu kian terbuka. Besar dalam filosofi sepakbola Barcelona, Deulofeo bakal jadi seorang bintang dalam tiga tahun mendatang.

3. Lucas Piazon (19) Chelsea - Dipinjamkan ke Malaga
Banyak yang mengatakan ia adalah 'The New Kaka', baik postur tubuhnya maupun gaya mainnya. Namun Piazon dinilai lebih agresif di lini depan. Kemampuannya pun kian terasah ketika Chelsea meminjamkan dirinya ke Malaga yang terus melangkah maju di Liga Champions. Sambil menunggu kematangannya, Piazon bakal dapat tempat di Chelsea.

4. Suso (19 tahun) Liverpool
Sempat dimainkan dalam tim utama Liverpool dan tampil baik. Namun pekan-pekan berikutnya ia lebih banyak jadi teman latihan untuk pemain senior. Meski begitu Suso memiliki talenta yang memadai untuk main di Liga Primer Inggris, apalagi usianya masih muda.

5. Max Meyer (17 tahun) Schalke 04
Meyer adalah salah satu pemain muda potensial yang hadir dari klub sekelas Schalke. Hijrahnya Lewis Holtby ke Spurs membuka pintunya masuk ke tim inti Schalke dan debutnya cukup baik membantu kemenangan klub. Kreatifitas tinggi dalam menyerang dan umpan akurat jadi modal Meyer untuk masuk ke dalam timnas U-21 Jerman.

6. Adam Maher (19 tahun) AZ Alkmaar
Maher adalah peraih penghargaan Holland's Young Players of Year for 2012. Kemampuannya tak diragukan lagi. Kini ia sudah dua musim masuk tim inti klub. Barcelona dan Arsenal sudah beberapa kali menawar pemain ini, namun ia masuk ingin mencari ilmu di AZ Alkamaar.

7. Souleymane Coulibaly (18 tahun) Tottenham Hotspur (dipinjamkan ke Grosseto)
Tottenham Hotspur sangat cepat merekrut pemain ini dari Sienna Italia, berkat performa Souleymane yang briliant pada Piala Dunia U-17. Ia mencetak 6 gol, dan sekali hattrick. Namun karena di Spurs penuh dengan pemain senior, ia pun dipinjamkan ke klub Seri B Italia, Grosseto. Bukan tak mungkin ia masuk tim inti, lantaran Emmanuel Adebayor bakal hengkang dari Spurs.

8. Ross Barkley (19 tahun) Everton
Banyak yang tak menduga perkembangan pemain ini begitu cepat. Musim lalu ia diisukan direkrut New York Red Bulls menggantikan Tim Cahill, namun Everton masih menahannya. Barkley juga terbilang sukses saat dipinjamkan ke Sheffield Wednesday dan Leeds United. Dan diperkirakan musim 2013/2014 ia akan masuk sebagai pemain utama di Everton.

9. Viktor Fischer (18 tahun) Ajax Amsterdam
Fischer adalah salah satu pemain berbakat asal Denmark bersama Christian Eriksen. Penampilannya sangat membantu Ajax. Meski usia muda ia sudah mencetak 8 gol dari 27 kali main. Bahkan sempat beberapa kali dimainkan dalam persaingan Liga Champions. Fischer tetap memberikan label Ajax sebagai klub penghasil pemain berbakat.

10. Jetro Williams (18 tahun) PSV Eindhoven
Usia muda namun ia sudah membuat pelatih timnas Belanda kepincut. Dick Advocaat pun memberinya peran besar dalam tim. Tak salah kalau beberapa klub top Inggris sudah menawar untuk mendapatkannya.

11. Julian Draxter (19 tahun) Schalke 04
Meski usianya masih terbilang muda, namun Draxter sudah menjadi langganan tetap tim inti Schalke 04 dalam dua musim terakhir ini. Dia menjadi pemain muda yang cukup menonjol di ajang Bundesliga. Pernah membuat gol dan memberikan assist, bahkan pelatih timnas Jerman, Joachim Low sudah tiga kali memberikan kesempatan buatnya untuk tampil dan diperkirakan ia jadi pemain yang bakal dibawah dalam Piala Dunia 2014 Brazil mendatang.

12. Raheem Sterling (18 tahun) Liverpool
Liverpool merekrutnya pada usia ke-15, dan dengan cepat ia bisa adaptasi dalam persaingan Liga Primer Inggris. Di bawah coach Brendan Rodgers ia memulai debutnya untuk Liga Primer dan hasilnya tak mengecewakan. Bahkan ia masuk timnas Inggris U-19 dengan tingkat permainan di atas rata-rata. Raheem adalah salah satu pemain masa depan Liverpool.

13. Matija Nastasic (19 tahun) Manchester City
Memang diklubnya ia masih kalah bersaing dengan Joleon Lescott serta Kolo Toure, tapi kemampuannya menggambarkan masa depan yang cerah buat Matija. Sempat bergabung dengan Fiorentina dan dibeli seharga 13 juta pounds oleh Man-City, Matija memberikan harapan besar bagi masa depannya dan masa depan klub Man-City.

14. Kurt Zouma (18 tahun) Saint Etienne
Prancis belakangan memang kehilangan para pemain berbakat yang dapat mengangkat timnasnya seperti era Jean Tigana atau Zinedine Zidane. Tapi, kemunculan Kurt Zouma yang kini di klub Saint Etiene memberi harapan baru buat tim Ayam Jantan itu. Mulai debutnya di usia 16, Kurt sudah mendapat perhatian penonton. Tapi sempat cedera berat hingga nyaris satu musim absen. Untungnya ia kini pulih lagi dan tampil bagus untuk Etiene. Kurt adalah pemain masa depan untuk lini belakang Prancis.

15. Romelu Lukaku (19 tahun) Chelsea
Ia terdaftar sebagai pemain Chelsea. Tapi, karena di The Blues begitu banyak pemain bintang yang lebih senior, Lukaku pun dipinjamkan ke West Bromwich Albion. Musim depan ia bakal kembali lagi ke Chelsea dan mungkin bisa diduetkan dengan Fernando Torres yang sekarang masih tumpul.

16. M'Baye Niang (19 tahun) AC Milan
Pemain depan asal Prancis ini terdaftar sebagai pemain AC Milan. Beberapa kali ia sudah dijajal kemampuannya bersama El Shawaary dan Mario Balotelli. Punya kecepatan dan kekuatan dan gol pertamanya di AC Milan pada Desember 2012 saat main di Coppa Italia. Sayang, striker ini sekarang masih kalah bersaing dengan para seniornya di Milan.

17. Raphael Varane (19 tahun) Real Madrid
Dia salah satu pemain yang digadang-gadang coach Jose Mourinho. Sudah dua musim ia di Real Madrid dan punya kontribusi besar di lini pertahanan tengah. Sudah 25 kali tampil untuk Madrid, termasuk di ajang Liga Champions.

18. Alex Oxlade-Chamberlain (19 tahun) Arsenal
Buat sebuah klub, sangat berat untuk membeli pemain muda seharga 12 juta pound. Tapi, Arsenal tahu bagaimana membanderol Alex Oxlade-Chamberlain di atas angka tersebut. Terbukti, Alex performanya menawan hingga pelatih Inggris Roy Hodgson memberikan peluang untuk memperkuat Three Lions sampai 10 kali.

19. Ben Davies (19 tahun) Swansea City
Dia adalah bakal jadi bek ternama. Di tangani Michael Laudrup, Ben Davis kian cemerlang, dari 18 kali pertandingan Swansea, Ben 15 kali main. Kini Ben salah satu pujaan fans Liberty Stadium.

20. Mateo Kovacic (18 tahun) Inter Milan
Pemain Austria kelahiran Kroasia ini menjadi pemain termuda pencetak gol di ajang Liga Champions, bahkan dinominasikan sebagai The Golden Boy Award. Datang dari klub Dinamo Zagreb seharga 13 juta pounds, ia kian matang di Seri A. Pemain tengah ini performanya nyaris seperti Luca Modric. (Foto: yahoo.com)

Tags:
pemain muda inggris potensial dunia

KOMENTAR
JADWAL TV
  • Real Madrid
    VS
    Barcelona
    RCTI 25/10/14 01:45 WIB
Baca Selanjutnya